Hal Sepele yang Berdampak Besar bagi Kesehatan Anak

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dan anak-anak sekolah untuk mengetahui pentingnya merawat kebersihan kuku bagi kesehatan, program Satuan Acara Penyuluhan (SAP) telah mengadakan penyuluhan di Desa Lengkong, Kabupaten Nganjuk pada anak-anak jenjang pendidikan TK dan SD desa setempat.

Kuku adalah alat pelindung jari yang berfungsi untuk melindungi syaraf-syaraf yang berada di ujung jari. Kuku memiliki peranan penting dalam  mempertinggi daya syaraf sentuh kita. Selain itu, kuku juga sebagai salah satu titik keestetikan fisik yang dapat mempercantik jari tangan kita. Oleh sebab itu, kita harus bersyukur dengan cara selalu menjaga kesehatan kuku kita. Untuk perawatan kuku tidak harus lama-lama yang penting adalah teratur. Cukup meluangkan waktu 10 menit dalam seminggu kita dapat menjaga kebersihan dan kesehatan kuku.

Kuku yang letaknya berada pada ujung jari yang notabenenya adalah organ tubuh yang paling banyak melakukan aktivitas. Akibatnya kuku sering cepat kotor dan menyimpan banyak bibit penyakit yang sangat berbahaya. Anak kecil yang sering bermain kotor dapat mengakibatkan cacing dan bibit penyakit lainnya yang bersarang di bawah kuku, apabila tidak secepat mungkin dibersihkan maka akan masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit seperti diare dan penyakit lainnya.

Setiap tindakan baik tidak akan meninggalkan manfaat dari tindakan yang kita lakukan tersebut. Begitu juga dengan artikel hasil pengabdian masyarakat ini, apabila kita rajin merawat kebersihan kuku setidaknya ada beberapa manfaat utama yang dapat kita peroleh, diantaranya adalah kuku menjadi bersih dan terlihat lebih rapi, jari tangan akan terasa elok dipandang karena kuku yang bersih juga menandakan seseorang yang bersih, dan tidak akan mudah terserang penyakit.

Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, maka diperoleh hasil yang dapat memberikan jawaban sebagai luaran. Pada akhirnya anak-anak yang telah mengikuti program Satuan Acara Penyuluhan (SAP) dapat menilai dan sedikit membuka wawasannya tentang bagaimana cara hidup sehat dengan membersihkan kuku. Sehingga dengan adanya program ini, anak-anak terdorong untuk selalu menjaga kebersihan kuku untuk menunjang kesehatan melalui hal kecil pada tubuh kita.

Sedangkan luaran wajib hasil pengabdian kepada masyarakat diantaranya adalah publikasi di media massa, laporan wajib, laporan hasil pelaksanaan penyuluhan, buku catatan kegiatan, dan laporan kegiatan mahasiswa. (Izatul Lathifah, Siti Aizah)