Pelatihan Teknik Penilaian Permainan Edukatif Untuk Pendidik PAUD

Menentukan sebuah keberhasilan dari proses hasil belajar, hal yang paling penting menjadi patokan adalah penilaian. Kegiatan penilaian memberikan data informasi yang berguna untuk meningkatkan kemampuan mengajar seorang pendidik. Dalam mengoptimalkan capaian tujuan pembelajaran dan perkembangan peserta didik, yang menjadi indikator dari tercapainya tujuan pembelajaran adalah kemajuan peserta didik.

Ketika seorang peserta didik membuat keberhasilan dari hasil belajar yang diperoleh dengan cara menciptakan kreativitas, maka perlu diberikan apresiasi dari pihak lain. Apresiasi merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada seseorang ketika telah berhasil melakukan kegiatan. Apresiasi juga merupakan hasil penilaian karya seni dan karya cipta sastra. Penilaian yang dikerjakan tidak hanya penilaian hasil pembelajaran (assessment of learning) tapi juga capaian penilaian hasil sebuah pembelajaran (assessment as learning).

Alat Permainan Edukatif pada lingkungan Satuan PAUD sangat banyak dan beragam, dilihat dari segi bahan, model, dan warna yang akan digunakan dalam capaian perkembangan pada anak. Proses pembuatan sebuah APE merupakan rangkaian kegiatan yang membutuhkan keterampilan memadai. Adapaun bekal keterampilan kemampuan adalah hasil pengetahuan dan capaian keterampilan terkait. Persyaratan pembuatan yang harus diperhatikan oleh guru sebelum membuat alat permainan tersebut yaitu edukatif, berkaitan teknis dan estetika.

Kegiatan yang mengangkat penilaian APE bagi pendidik PAUD ini juga sebagai upaya mengatasi media pembelajaran yang dapat dibuat sendiri oleh pendidik selama pembelajaran dilakukan secara online dari rumah. Hal ini menjadikan media tersebut dapat kita ciptakan sendiri di rumah, tentunya dengan menggunakan bahan sederhana, tidak mahal dan juga mudah didapatkan. Penilaian utama ini memberikan solusi pada pendidik agar mengenali teknik penilaian secara tepat pada media atau APE yang dibuatnya agar sesuai dengan tujuan pembelajaran pada anak usia dini.

Manfaat dari kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas pendidik PAUD dalam berkarya APE dan Mengetahui teknik penilaian yang tepat dalam melakukan evalusi pada karya kreativitas yang dibuat. Memahami tingkat kelayakan hasil kreativitas APE untuk digunakan dalam pembelajaran pengembangan aspek anak secara optimal.

Adapun target sasaran kegiatan yang dilakukan secara online tersebut adalah para calon pendidik PAUD maupun yang sudah mengajar secara umum. Hal ini bertujuan agar peserta dapat mendapatkan pelatihan dengan peningkatan kompetensi yang ditunjukan dengan mendapatkan sertifikat setara 32 JPL setelah mengkuti aturan yang ditetapkan dalam tata tertib dan tugas mandiri tersruktur. Bukti tersebut nantinya dapat digunakan di lembaga masing-masing sebagai dasar melakukan pengembangan tenaga pendidik terkait pengakuan kompetensinya.

Menindaklanjuti perencanaan tersebut maka diadakan kegiatan workshop nasional oleh Prodi PG-PAUD FKIP UNP Kediri ini dirancang pelaksanaannya secara daring/online mulai tanggal 12-16 Juni 2021. Adapun yang menjadi narasumber inti pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 yaitu Dr. Izzul Fitriyah, S.H., M.Pd dengan zoom meeting, dilanjutkan pada tanggal 13-16 Juni 2021 yang pelaksanaannya dilakukan di masing-masing WhastApp Group (WAG)yang dipimpin oleh 3 instruktur yaitu dosen PG-PAUD dan 2 orang mahasiswa PG-PAUD. Teknis pelaksanaan ditetapkan dengan materi yang disampaikan berbeda seperti yang disepakati dalam surat tugas dari LPPM nomor:042.01/LPPM-UN PGRI KD/VI/2020.

Poster Kegiatan

Diskusi materi, pemberian tugas terstuktur dan pengiriman tugas, semua dilakukan di WAG yang dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB dengan pengaturan sistem untuk mengupayakan keefektifan diskusi dan hasil. Panitia mahasiswa membantu mengumpulkan tugas terstruktur kemudian didiskusikan bersama sesuai dengan materi yang diberikan. Pada akhir pertemuan dilakukan evaluasi dengan mengirimkan link google form yang diisi oleh peserta sebagai persyaratan mengikuti seluruh tahapan dalam pengambilan sertifikat. Hasil evaluasi tiap kelompok akan dilaporkan kepada ketua pelaksana diakhir kegiatan. Hasil luaran berupa penilaian pembuatan topeng dan hasil evaluasi google formulir dari peserta wokshop.

Topeng hasil kegiatan

Target luaran kegiatan yang direncanakan oleh panitia setelah pemaparan narasumber utama yang dibimbing oleh instruktur adalah setiap kelompok dapat menghasilkan karya-karya kreativitas yang beragam untuk menyusun laporan yang diharapkan laporan masing-masing kelompok dapat dipublikasikan sebagai informasi kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Prodi PG-PAUD FKIP UNP Kediri.

Tujuan dari publikasi karya ini menunjukan dinamika akademik yang dilakukan dengan baik mengenai kolaborasi anatar dosen dan mahasiswa dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi sebagai salah satu wujud kampus yang menerapkan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) benar-benar terimplementasi dengan baik. (Ayu,Anik, Dkk)