PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK DAN PERESMIAN GEDUNG KB LABSCHOOL UNP KEDIRI SEBAGAI BENTUK KOLABORASI EKOSISTEM SEKOLAH

Berakhirnya semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 semua satuan pendidikan memiliki kewajiban kepada orang tua wali murid untuk melaporkan perkembangan anak selama mengikuti pembelajaran. Pelaporan perkembangan anak merupakan kumpulan proses penilaian yang dilakukan oleh pendidik untuk tahapan anak usia dini sebagai ketercapaian seluruh aspek pertumbuhan dan perkembangan secara holistik integratif dalam kurun capaian batasan waktu tertentu.

Pelaporan berisikan deskripsi perilaku serta kemampuan yang dicapai anak. Hal tersebut disesuaikan dengan tahapan usia dan capaian yang diperoleh melalui rangkaian kegiatan bermain sambil belajar yang telah direncanakan dan diolah dokumentasi hasil penilaian oleh guru menggunakan teknik cheklis, catatan anekdot dan hasil karya. Tujuan kegiatan penyampaian pelaporan perkembangan anak di KB Labschool pada semester ini sedikit ada perbedaan, salah satunya sebagai sarana komunikasi sekaligus bentuk pemberitahuan kepada seluruh wali murid terkait gedung kelas KB yang sudah dapat dimanfaatkan sebagai sarana bermain anak-anak ketika semester 2 nanti.

Pengemasan laporan perkembangan dan peresmian gedung ini menghadirkan tim pengembang Labschool yang dapat menyampaikan kepada orang tua wali murid tentang bagaimana pendidikan anak usia dini itu seharusnya dilakukan bukan orientasi capaian akademik tetapi lebih pada stimulasi dengan bermain. Bentuk laporan perkembangan anak yang dipilih dikembangkan oleh guru menyesuaikan kebutuhan serta karakteristik masing-masing sekolah. Isinya bukan berupa angka tetapi uraian meliputi komponen perkembangan yang dilengkapi dokumentasi hasil capaian perkembangan, serta membagikan portofolio hasil anak selama semester 1 sebagai pelengkap data laporan perkembangan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan kolaborasi KB Labschool dan Tim pengembang yang sekaligus dosen prodi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri akhirnya dikemas dalam tanya jawab diskusi ringan tentang perkembangan anak diharapkan dapat memiliki manfaat yaitu guru sudah melakukan kewajiban penilaian tahapan proses seluruh aspek perkembangan anak. Dengan memiliki data yang akan disampaikan kepada orang tua wali murid yang nantinya digunakan sebagai pegangan menentukan kegiatan selanjutnya dalam stimulasi yang tepat pada anak. Hasil laporan yang diterima oleh orang tua wali murid merupakan acuan informasi yang dimiliki terkait ketercapaian diperoleh anak. Bagi tim pengembang akan memperoleh bahan informasi bahwa pemantauan tanggungjawab guru terkait profesi yang dijalankan kepada ekosistem sekolah. Sedangkan yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah:

  1. Kepala sekolah dan guru KB Labschool sebanyak 3 orang
  2. Kepala sekolah dan guru TK Labschool sebanyak 5 orang
  3. Wali murid KB Labschool sebanyak 8 orang
  4. Tim pengembang PAUD Labschool sebanyak 3 orang

Pelaksanaan kegiatan dilakukan Rabu, 5 Januari 2022 pukul 09.00-11.00 WIB di ruang kelas baru KB Labschool UNP Kediri. Kegiatan ini juga dijadikan momentum peresmian gedung kelas baru. Acara dibuka tepat pukul 09.00 WIB dengan MC Mis Mike salah satu guru di TK Labschool, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh kepala sekolah KB Labschool Mam Irna yang menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan pada semester 2, yang intinya tatap muka penuh 100% akan dilakukan. Meminta kerjasama dengan orang tua wali murid untuk memantau kedisplinan anak saat datang ke sekolah, mentaati protokol kesehatan serta menyampaikan kepada kepala sekolah atau guru apabila ada masalah terkait perkembangan anak.

Untuk inti acara disampaikan oleh Bu Anik selaku tim pengembang, menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di PAUD Labschool, rasa terima kasih atas kerjasama orang tua wali murid dan dorongan untuk menyampaikan ide atau usulan demi kemajuan sekolah. Beliau juga berpesan bahwa orang tua adalah panjang tangan sekolah di masyarakat sebagai bagian ekosistem yang harmonis.

Kegiatan dilanjutkan  dengan tanya jawab permasalahan perkembangan anak. Antusias orang tua sangat diapresiasi, bentuk kepedulian pendidikan pada anak sangat luar biasa. Pada kegiatan penutup ada doa bersama sebagai rasa syukur atas selesainya pembangunan gedung baru KB Labschool. Berikut adalah dokumentasi kegiatan yang menunjukan suasana keakraban, kedekatan seluruh ekosistem sekolah:

Gambar 1:
Penyampaian Manfaat Laporan Perkembangan Anak Usia Dini
Gambar 2:
Sharing Perkembangan Anak Oleh Orang Tua & Guru
Gambar 3:
Foto Bersama Seluruh Peserta Kegiatan

Tulisan ini sebagai bentuk tanggungjawab tim pengembang PAUD Labschool dalam memantau kegiatan yang dilakukan  untuk terus meningkatkan diri menuju lembaga pendidikan melayani anak usia dini karena tanpa kolaborasi dan kerjasama yang baik dan peningkatan mutu pelayanan berbasis krakteristik kebutuhan anak akan dapat terus ditingkatkan.