PELATIHAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN EDMODO KEPADA PARA PENGAJAR DI SMK PGRI 3 KEDIRI

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022, tim dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nusantara PGRI yang terdiri dari Dr. Dewi Kencanawati, M.Pd., Dr. Diani Nurhajati, M.Pd., Drs. Agung Wicaksono, M.Pd., Khoiriyah, M.Pd., bersama  dua mahasiswa yang bernama Luhung Badarudin, Maria Gabriela Nawang Putri. melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dalam kegiatan PKM ini, dosen bertugas menyampaikan materi tentang edmodo kepada para guru, sedangkan mahasiswa bertugas mendampingi para guru saat praktik mengimplementasikan edmodo, baik membuat akun maupun latihan mengoperasikan edmodo masing-masing.   

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan untuk para guru SMK PGRI 3 Kediri ini diikuti oleh 21 guru. Kegiatan dilaksanakan di lab komputer sekolah yang tentu saja sudah dilengkapi dengan wifi yang cukup memadai. Dalam PKM ini ada dua jenis kegiatan yang dilaksanakan yaitu berupa pelatihan pembelajaran daring menggunakan platform edmodo.  Hal ini sangat penting karena pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19, guru menerapkan pembelajaran daring dengan berbagai macam platforms

PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penguatan kepada para guru dalam memaksimalkan penggunaan platform pembelajaraan daring khususnya edmodo dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMK PGRI 3 Kediri. Di SMK PGRI 3 Kediri masih banyak yang belum familiar dengan edmodo karena sebagian besar guru menggunakan platform lain misalnyaa google classroom, google meet, bahkan ada yang menggunakan WA grup. Pada era digital sekarang guru dituntut untuk lebih melek IT. Itulah beberapa alasan mengapa PKM ini dilaksanakan. 

PKM ini sangat bagus untuk meningkatan keterampilan para guru dalam mengoperasikan edmodo sehingga mereka mampu memaksimalkan untuk pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan. Dengan harapan tidak hanya siswa yang senang namun pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan lebih baik di masa pandemi covid-19 yang berkepanjangan ini. Para guru tetap dapat melaksanakan tugas utamanya dalam mendidik peserta didiknya dengan lebih nyaman. Pada lain sisi peserta didik lebih merasa santai dalam pembelajaran karena guru mampu menggunakan edmodo yang tentunya lebih menarik daripada diskusi di WA grup.

PKM ini diikuti oleh seluruh guru SMK PGRI 3 Kediri. PKM dilaksanakan dalam  dua jenis kegiatan yaitu tatap muka dalam bentuk presentasi materi dari narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan kepada para guru tersebut.  PKM dilaksanakan selama dua bulan, yaitu pada nulan Oktober s.d. November 2021.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini sangat efektif karena terbukti setelah pendampingan selesai para guru benar-benar mampu mengimplementasikan edmodo dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian kegiatan pembelajaran berjalan lebih menarik, efektif, dan menyenangkan pada masa pandemi covid-19.