Pelatihan Menyusun Penelitian secara Virtual untuk Guru Bahasa Indonesia SMA di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 berdampak pada kewajiban masyarakat untuk melaksanakan pembatasan sosial (physical distancing). Dampak tersebut sangat berpengaruh besar pada kegiatan masyarakat khususnya sektor pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).

Dengan menggunakan sistem pembelajaran secara daring ini memunculkan berbagai permasalahan yang harus dihadapi oleh guru. Salah satu permasalahan yang sedang terjadi adalah guru dituntut untuk dapat melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) secara daring. Namun penelitian tindakan kelas (PTK) kini telah diganti dengan penelitian eksperimen. Beberapa guru mungkin masih asing dengan jenis penelitian yang baru ini, padahal menyusun penelitian sangat penting dilakukan oleh guru dalam menunjang proposal penelitian bahkan sangat penting untuk kenaikan pangkat.

Dalam menanggulangi hal tersebut, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri mengadakan sebuah pelatihan menyusun penelitian secara virtual bagi Guru Bahasa Indonesia SMA di Kota Kediri. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi Guru Bahasa Indonesia SMA Kota Kediri dalam memberikan keterampilan menyusun sebuah penelitian. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 28-31 Oktober 2021 dengan beberapa kegiatan yaitu seminar mengenai penelitian dan workshop untuk menyusun sebuah penelitian yang utuh. Penelitiaan ini disampaikan oleh dua pemateri yaitu Dr. Andri Pitoyo, M.Pd dan Encil Puspitoningrum, M.Pd. Kedua pemateri tersebut merupakan dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Pelatihan ini memberi manfaat bagi Guru Bahasa Indonesia SMA khususnya di Kota Kediri. Manfaat tersebut antara lain adalah agar guru sekolah formal dapat terampil menyusun sebuah rencana penelitian hingga membuat penelitian secara utuh, dapat menyebarluaskan kerjasama antara perguruan tinggi dengan pendidikan menengah sekitar, dan dapat memecahkan persoalan pembelajaran yang dijalankannya sehingga layak bergelar guru profesional.

1.1 Dokumentasi Seminar Menyusun Penelitian oleh Pemateri Pertama
1.2 Dokumentasi Seminar Menyusun Penelitian oleh Pemateri Kedua

Pelatihan menyusunan penelitian ini juga terdapat beberapa metode pelaksanaan. Metode pelaksanaan yang digunakan pada pelatihan menyusun penelitian secara virtual yang bermitra dengan Guru Bahasa Indonesia SMA di Kota Kediri adalah tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan umpan balik. Pada tahap perencanaan langkah yang diambil adalah survei lapangan terkait masalah yang dihadapi mitra, pengklasifikasian masalah yang dihadapi mitra dan analisis solusi, serta merumuskan solusi. Pada tahap pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan adalah sedaring prnyusunan kegiatan, pendampingan dalam penyusunan produk. Pada tahap umpan balik diharapkan mampu menyusun proposal penelitian eksperimen dan memberi motivasi terhadap aplikasi penelitian bagi guru.

Teknik penyelesaian masalah (alat ukur ketercapaian). Alat ukur ketercapaian tersebut adalah dengan mengadakan sedaring untuk penyusunan penelitian eksperimen bagi guru, menyusun penelitian eksperimen bagi guru Bahasa Indonesia SMA Kota Kediri, pendampingan dalam penyusunan penelitian eksperimen, mengadakan evaluasi terhadap hasil penyusunan penelitian eksperimen, serta memberikan umpan balik terhadap kinerja penyusunan penelitian eksperimen. (Encil Puspitoningrum, Andri Pitoyo, Sempu Dwi Sasongko, Endang Waryanti, M. Muarifin)