PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PENYUSUNAN PERENCANAAN DI KURIKULUM MERDEKA

Kegiatan hari ke-1 Kamis 14 Juli 2022 sebagai narasumber adalah Linda Dwiyanti, M.Pd menegaskan materi tentang Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Profesional menegaskan bahwa kompetensi pedagogik guru PAUD harus selalu ditingkatkan karena dengan perubahan kebijakan kurikulum merdeka penyesuaian kemampuan merencanakan pembelajaran harus dilakukan. Guru PAUD perlu mengkombinasi rancangan pembelajaran dengan perkembangan IT terutama dalam menghasilkan video-video pembelajaran. Peningkatan kompetensi pedagogik perlu berkelanjutan dan harus selalu diimplementasikan sebagai bagian tugas pokok guru terutama di bawah naungan UNP Kediri perlu jadi panutan dan rujukan.

Kegiatan hari ke-2 Jumat 15 Juli 2022 pemateri adalah Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd., M.Psi menyampikan tentang Pengembangan Psikologis Pendidik PAUD untuk Layanan PAUD Berkualitas dimana kesimpulan yang dapat ditegaskan guru PAUD secara psikologis perlu memiliki kesiapan beradaptasi dengan lingkungan dimana keberagaman wali murid, peserta didik akan menjadi identifikasi awal layanan yang diberikan.  Kemampuan empati, peduli, kolaborasi dan juga bekerja sama dalam tim di satuan pendidikan akan menjadi kunci sebuah satuan pendidikan dapat melaksanakan pengelolaan secara baik. Perlu adanya kegiatan diskusi internal, sharing permasalahan dan itu terjadwal rutin agar kenyamanan dalam bekerja terus terjaga. Berikan layanan kepada peserta didik sesuai pemenuhan kebutuhan dasar anak, sehingga sekolah ramah anak dapat dimulai dari penataan satuan pendidikan nyaman, aman dan kondusif.

Kegiatan hari ke-3 Sabtu, 16 Juli 2022 ada 2 pemateri yaitu Dr. Anik Lestariningrum, M.Pd yang menyampaikan Konsep perencanaan pembelajaran  di kurikulum merdeka jenjang PAUD dan pemateri berbagi praktek baik dari alumi yang menjadi guru penggerak yaitu Achmad Toyip, S.Pd.,Gr menyampaikan materi Berbagi Praktek Baik Menyusun Perencanaan Kreatif Berbasis Merdeka Belajar di PAUD. Adapun ringkasan materi dari Dr. Anik Lestariningrum, M.Pd yaitu: Istilah-istilah baru dalam kurikulum merdeka KI-KD lebur jadi CP (Capaian Pembelajaran), CP disiapkan oleh pemerintah sebagai deskripsi panjang dimana guru harus mampu menganalisis menjadi Tujuan Pembelajaran (TP), kemudian  TP disusun jadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), ATP kemudian menjadi Modul Ajar (MA) disebut sama RPP sebagai dasar kemampuan pedagogik guru terimplementasikan dengan baik, Penyusunan MA jika belum mampu diberikan pemerintah beberapa contoh dengan membuka aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar) juga di akun kemendikbud kurikulum sehingga sumber-sumber asli sangat disarankan dalam referensi digunakan dan Kreatifitas guru harus ditingkatkan dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), jangan takut salah untuk mencoba demi peningkatan kualiats pendidikan anak usia dini.

Ringkasan Materi 16 Juli 2022 (Achmad Toyib) menyampaikan Menguatkan bahwa lulusan PG-PAUD UNP Kediri dapat berkiprah luas setelah lulus dan jangan berhenti untuk mencoba sesuatu yang baru, inovatif, Menceritakan pengalaman sebagai Guru Penggerak dimana harus membuka diri pada mengajar tidak hanya dengan rutinitas biasa, tetapi menjadi sosok yang terbuka wawasan, pengetahuan dan juga berani berbagi melalui media sosial tentang apa yang sudah dilakukan dalam perubahan pendidikan anak usia dini khususnya, Mohon menggunakan akun belajar id yang dimiliki seluas-luasnya dalam pengembangan diri, belajar melalui aplikasi platform merdeka mengajar sebagai salah satu pelatihan mandiri dalam IKM dan Menyarankan menggiatkan komunitas praktisi untuk terus mengembangkan diri terutama perubahan pembelajaran yang bermain pada anak terus digali, diasah melalui sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar.

In House Training dengan  tema “PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PENYUSUNAN PERENCANAAN DI KURIKULUM MERDEKA”  dilaksanakan atas Kerjasama Prodi PG-PAUD, Hima PG-PAUD, IKA PG-PAUD, dan  PAUD Labschool UNP Kediri selama 3 hari  14-16 Juli 2022.  Narasumber IHT adalah 3 orang tim pengembang PAUD Labschool dan alumi PG-PAUD yang menjadi guru penggerak, dengan jumlah peserta sasaran adalah Dosen PG-PAUD, guru PAUD Labschool, perwakilan pengurus Hima PAUD, pengurus alumi PG-PAUD serta tenaga admin PG-PAUD. Keseluruhan jumlah peserta adalah 30 orang  mengikuti kegiatan sampai tuntas, dimana dokumentasi kegiatan dapat ditunjukan dibawah ini:

(Anik Lestariningrum, Intan Prastihasatari Wijaya, Linda dwiyanti, Achmad Thoyib)