PERAN TIM SUPPORT SYSTEM DALAM PENDAMPINGAN DAN DISEMINASI PROGRAM PENGUATAN KAPASITAS (PPK) ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi kemahasiswaan merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan di bawah naungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kegiatan ini diharapkan mampu untuk mewadahi kegiatan kemasyarakatan dan untuk mengembangkan soft skills mahasiswa. Program ini tidak terlepas dari bentuk implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam kegiatan PPK Ormawa tahun 2022 lalu Universitas Nusantara PGRI Kediri berhasil mendapatkan 4 hibah secara langsung. Adapun ormawa yang mendapatkan hibah tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Biologi, Himpunan Mahasiswa Matematika, Unit Kegiatan Mahasiswa Caraka dan Teater Adab. Dalam menjalankan kegiatan tersebut ormawa membutuhkan pendampingan dari Lembaga. Lembaga membentuk Tim Support System yang bertugas untuk membantu dan mendampingi pelaksanaan kegiatan hibah PPK Ormawa dari awal sampai akhir.

Peran Tim Support System di awal adalah menyiapkan proposal yang akan diunggah, yang nantinya akan diseleksi untuk ditetapkan sebagai penerima hibah. Sebelum proses pengunggahan, tim Support System membuka klinik penulisan proposal yang ditulis oleh ormawa dan lemawa di lingkup Universitas Nusantara PGRI Kediri. Klinik ini berfungsi untuk menyempurnakan proposal yang telah ditulis oleh masing-masing orwama, mengatasi kesulitan dalam penyusunan proposal. Setelah proposal ditetapkan mendapatkan pendanaan tim Support System berperan aktif untuk mendampingi kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat  yang dilakukan  oleh mahasiswa.  Selain itu peran tim Support System pada saat kegiatan hibah PPK Ormawa berlangsung adalah membantu mengompilasi log book, laporan kemajuan, dan laporan akhir dari kegiatan PPK Ormawa yang nantinya akan diunggah secara langsung di system oleh tim Support System. Tugas tim Support System selanjutnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan di masing-masing tempat mitra yang telah dipilih oleh tim ormawa yang lolos mendapatkan hibah.

Kegiatan akhir dari PPK ormawa adalah kegiatan Diseminasi yang bertujuan untuk memotivasi ormawa lainnya yang belum mendapatkan hibah agar nantinya pada tahun

2023 mampu meraih hibah PPK Ormawa seperti tahun 2022 dilaksanakan pada hari

Rabu, 28 Desember 2022 di Hall Kampus 2 Universitas Nusantara PGRI Kediri. Rangkaian kegiatan diseminasi ini salah satunya adalah sharing pengalaman dari keempat ormawa yang mendapatkan hibah. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Penguatan dan Motivasi kegiatan PPK Ormawa oleh salah satu perwakilan dari tim Support System adalah Wahyudi, M.Sn. Selanjutnya kegiatan penyegaran  disampaikan oleh Wakil Rektor III Universitas Nusantara PGRI Kediri yaitu Dr. Irwan Setyowidodo, M.Si.

Materi  yang  disampaikan  dalam kegiatan diseminasi tersebut berkaitan dengan cara Menyusun program kerja PPK Ormawa, pembagian kerja dari masing-masing anggota tim, luaran yang akan dihasilkan, sampai dengan cara memublikasikan  luaran  yang didapatkan dari program tersebut. Pemateri banyak memberikan tips dan trik cara mendapatkan hibah PPK Ormawa untuk tahun 2023. Di dalam kegiatan ini mengundang seluruh ketua dan pembina Ormawa dan Lemawa di lingkup Universitas Nusantara PGRI Kediri.

(Wahyudi, Marista Dwi Rahmayantis, Irwan Setyowidodo, Hesti Istiglaliyah, Amin Tohari, Yasinta Sindy Pramesti)