PENGAPLIKASIAN KUPAT (KUIS PERPANGKATAN) MENGGUNAKAN POWER POINT INTERAKTIF PADA SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH ALAM RAMADHANI

Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Media pembelajaran matematika di era saat ini telah mengalami perkembangan yang signifikan. Kemajuan teknologi memungkinkan penggunaan media digital seperti video pembelajaran, aplikasi mobile, dan platform online. Media-media ini dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara interaktif dan menyenangkan. Selain itu, media pembelajaran juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Sekolah Alam Ramadhani menjadi tempat dimana siswa dijadikan sebagai subjek pengujian mengenai media pembelajaran yang akan diberikan. Kami melakukan Pengujian pada 3 November 2023. Media pembelajaran yang akan digunakan adalah PowerPoint (PPT) Interaktif. Salah satu kelebihan dari penggunaan media pembelajaran PPT interaktif adalah meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, konsep-konsep yang kompleks seringkali sulit dipahami oleh siswa. Namun, dengan menggunakan PPT interaktif, pendidik dapat menggambarkan konsep-konsep ini secara visual dan interaktif, sehingga membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran.

Selain itu, media pembelajaran PPT interaktif juga dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Dalam pembelajaran matematika, penting bagi siswa untuk dapat berlatih mengerjakan soal-soal matematika secara mandiri. Dengan menggunakan PPT interaktif, guru dapat menyediakan soal-soal latihan yang interaktif, di mana siswa dapat menjawab soal-soal tersebut langsung dalam presentasi. Misalnya, siswa dapat meng-klik pada jawaban yang benar dan mendapatkan umpan balik secara langsung. Hal ini memungkinkan siswa untuk melatih keterampilan matematika mereka secara mandiri dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep matematika.

Siswa kelas 6 Sekolah Alam Ramadhani tepatnya yang menjadi subjek utama dalam proses pembuatan media pembelajaran PPT interaktif. Sedangkan materi yang akan dibahas adalah materi perpangkatan sederhana. Alasan mengenai pemilihan materi ini adalah kesulitan siswa dan pendidik mengenai konsep dasar perpangkatan dan cara menyelesaikan permasalahan dalam konteks perpangkatan baik pangkat dua maupun pangkat tiga dan lainnya. Selain itu, materi perpangkatan merupakan salah satu topik yang relevan dan penting dalam media pembelajaran. Dengan memadukan teori dan latihan praktis, materi perpangkatan dapat disajikan secara menarik dan interaktif, memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.


Gambar 1 : Pemberian soal Pre Test sebagai pengingat materi

Gambar 2 : Pembahasan Soal Pre Test dan Apersepsi Materi

Adapun ketercapaian kegiatan tersebut meliputi : 1) meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perpangkatan; 2) meningkatkan tingkat berpikir kritis siswa dari soal yang telah dikerjakan; 3) siswa lebih semangat belajar matematika


Gambar 3 : ketercapaian kegiatan pengaplikasian KUPAT (Kuis Perpangkatan) menggunakan power point interaktif

(Rahmatul Risala Octaviandy G.¹ A’isyah Firdaus R.² Bryant Candra W.³ Drs. Samijo, M.Pd.⁴ Dian Devita Yohanie, M.Pd.⁵)