EDUKASI GAYA HIDUP SEHAT UNTUK KESEHATAN MATA PADA ANAK USIA PRESCHOOL

Kesehatan mata pada anak usia dini perlu menjadi fokus perhatian bagi para orang tua. Pentingnya menjaga kesehatan mata tidak terlepas dari kebiasaan yang ditanamkan sejak dini serta makanan yang sehat sebagai penunjangnya. Anak harus ditanamkan tentang kebiasaan saat membaca, bagaimana saat menggunakan gadget, serta jenis makanan penunjang kesehatan mata. Orang tua memang harus selalu membimbing, tetapi anak juga perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan supaya mempunyai konsep yang baik serta kemandirian dalam melakukannya.

Menanggapi hal tersebut, Prodi Keperawatan Universitas Nusantara PGRI Kediri mengadakan program edukasi gaya hidup sehat untuk kesehatan mata pada anak usia preschool yang dilaksanakan pada tanggal 24 April 2021. Kegiatan yang diikuti oleh 15 siswa TK Al Fath ini bertujuan menanamkan perilaku yang baik sejak dini pada diri anak sehingga dapat menjadi sebuah gaya hidup sehat dalam penerapan kehidupan sehari-hari.

Langkah pertama dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pengajuan proposal kepada kepala sekolah yang kemudian dilanjutkan dengan penentuan tanggal pelaksanaannya. Dalam hal ini, para guru diikutsertakan agar dapat membantu focusing dan menjaga agar para siswa tetap mematuhi tata tertib yang berkaitan dengan kondisi pandemi.

Setelah persiapan selesai dilakukan, tahap pertama yang dilakukan dalam program edukasi ini adalah melakukan komunikasi terapeutik dalam upaya membangun hubungan yang saling percaya dan chemistry dengan peserta. Dimulai dari perkenalan diri dan menyanyi, kemudian dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan terbuka yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan anak tentang kesehatan mata serta makanan sehat sebagai pendukungnya.

Peserta kemudian diajak berimajinasi melalui story telling tentang pengetahuan organ mata dengan bantuan manekin. Manekin sangat membantu anak-anak untuk fokus terhadap tema yang disampaikan. Sementara itu, teknik komunikasi story telling mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak melalui penambahan kosakata baru, serta dapat membangun imajinasi untuk membentuk emosional pada diri anak usia preschool. Story telling juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemadirian anak supaya mereka dapat melakukan upaya menjaga kesehatan mata sedari dini.

Langkah berikutnya adalah mengajak anak bermain tebak gambar dengan menggunakan flashcard yang bertemakan sayur dan buah sambil menceritakan kandungan dan khasiatnya. Dengan cara ini, perhatian mereka tidak akan mudah teralih dan akan meningkatkan pengetahuan mereka tentang makanan sehat bagi mata. Lalu, sebagai penutup, pemateri menyampaikan kesimpulan serta memberikan pertanyaan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menyerap materi yang disampaikan. Adapun dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada gamber berikut.

Penerapan teknik teknik komunikasi story telling oleh tim abdimas

Dengan diadakannya program ini, diharapkan ke depannya, peserta yang merupakan anak-anak usia dini tersebut akan lebih memahami dan meningkatkan kemandirian mereka dalam menjaga kesehatan mata. (Endah Tri Wijayanti, Adabiyah, Awin Latifah Nur)