SEMINAR PARENTING “MOTIVASI ANAK SENANG BELAJAR & CARA MENGURANGI KETERGANTUNGAN GAME DI HP” DI RA ATTA’AWUN KABUPATEN KEDIRI

Adanya pro-kontra mengenai penggunaan HP atau gawai untuk anak-anak menjadi pencetus diselenggarakannya Seminar Parenting bertajuk “Motivasi Anak Senang Belajar & Cara Mengurangi Ketergantungan Game di HP”. Seminar ini merupakan bentuk kerjasama antara Program Studi PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan RA Atta’awun Kabupaten Kediri yang berlangsung pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 bertempat di Aula RA Atta’awun, Dusun Jeruk, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Tentu acara ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta Seminar Parenting ini meliputi seluruh guru dan orangtua dari peserta didik Kelompok A dan B di RA Atta’awun dengan menghadirkan narasumber Rosa Imani Khan, M.Psi. dan Ridwan, S.Ag., M.Pd. selaku dosen di Prodi. PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Seminar Parenting ini diselenggarakan guna mengedukasi para guru dan orangtua tentang cara menumbuhkan motivasi belajar pada diri anak di tengah gempuran gaya hidup bergawai di seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Komunikasi yang dekat dan hangat antara orangtua-anak, pemberian reward yang sesuai dan pemahaman orangtua akan gaya belajar serta bakat-minat anaknya menjadi kunci utama keberhasilan dalam upaya ini.

Selain itu, Seminar Parenting ini juga mengupas tentang berbagai solusi untuk mengatasi anak yang terlanjur mengalami ketergantungan terhadap HP atau gawai. Bak mata uang yang memiliki dua sisi, gawai memiliki dampak positif sekaligus negatif bagi anak-anak. Orangtua harus paham terlebih dahulu mengenai kedua dampak ini untuk dapat menciptakan kondisi yang tepat bagi anaknya. Kedekatan emosi, kasih sayang tulus, teladan dan kerjasama seluruh anggota keluarga untuk berkomitmen membantu anak agar terlepas dari ketergantungan terhadap HP sangatlah penting.

Saat acara Seminar Parenting ini berlangsung, antusiasme seluruh peserta begitu terasa. Tidak sedikit yang mengajukan pertanyaan, bahkan tidak jarang terjalin diskusi yang terasa hidup dan hangat. Pihak RA Atta’awun selaku tuan rumah juga sangat mengapresiasi acara ini, apalagi sudah dua tahun lamanya acara semacam ini tidak diadakan di lembaga karena kondisi pandemi covid-19. Kerinduan para peserta akan kegiatan edukasi terkait parenting tergambar jelas saat banyaknya peserta yang menginginkan sesi konsultasi khusus seputar pengasuhan anak bersama narasumber selepas acara ini berlangsung. (Rosa Imani Khan, Ridwan)