MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK SEJAK DINI

Setiap anak pasti mempunyai potensi masing-masing yang dibawa sejak lahir, dan potensi yang dimiliki oleh anak tentunya berbeda-beda. Munculnya potensi atau kemampuan anak tergantung pada rangsangan yang diberikan. Namun jika potensi tersebut tidak distimulasi dengan benar, maka potensi ini tidak akan muncul. Untuk mengembangkan potensi anak sejak dini, maka peran dari orangtua juga dibutuhkan untuk memberikan pendidikan, pengalaman kepada anak-anak, dan memberikan stimulasi secara maksimal, serta mengenalkan aktivitas-aktivitas yang diminati anak. Peran keluarga dan masyarakat terlebih peran dari orangtua sangat penting dan wajib dilakukan untuk memberikan stimulasi berbagai rangsangan bagi anak sejak dini, sekaligus mengembangkan segala potensi anak sejak dini.

Terkait dengan pentingnya mengembangkan potensi anak sejak dini, maka perlu membantu mitra memecahkan masalah yang dihadapi, dengan diadakan suatu kegiatan parenting tentang “Mengembangkan Potensi Anak Sejak Dini”. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para orangtua/wali anak Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tapos Surya Mondo terkait pemahaman tentang mengembangkan potensi anak sejak dini, serta adanya pelibatan dari orangtua dalam tumbuh kembang anak, sehingga para peserta (orangtua/wali anak) mendapatkan pengetahuan wawasan tentang mengembangkan potensi anak sejak dini dengan baik. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh para orangtua untuk mengembangkan potensi anak sejak dini, antara lain: 1) Mengenali potensi anak. 2) Memberikan stimulasi yang tepat untuk anak. 3) Memberikan dukungan penuh kepada anak. 4) Memberikan pujian kepada anak. 5) Mengajak anak untuk memainkan imajinasinya dalam berkreasinya. 6) Mengarah kemampuan anak. 7) Mendorong anak untuk belajar.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan oleh Prodi PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri bekerjasama dengan mahasiswa KKN dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tapos Surya Mondo Desa Mondo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, yang bertempat di Balai Desa Mondo Kecamatan Mondo Kabupaten Kediri, dan dihadiri oleh para orangtua/wali anak didik yang sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai selesainya acara kegiatan parenting ini. Selain itu, banyak dari peserta yang mengajukan pertanyaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait perkembangan anak usia dini. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk parenting ini, maka diharapkan dapat membantu para orangtua/wali anak didik di SPS Tapos Surya Mondo untuk mendampingi dan memaksimalkan potensi anak sejak dini.

(Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd., M.Psi, Ridwan, M.Pd. Yeshinta Resty Triana Jayanti)

Berikut ini foto-foto kegiatan pelaksanaan kegiatan: