‘PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN’, PELATIHAN BAGI GURU-GURU MI AL IKHLASH KEDIRI

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan oleh hampir semua bangsa di dunia sebagai bahasa pengantar. Diharapkan semakin banyak lulusan sekolah di Indonesia menguasai Bahasa ini agar mampu bersaing dengan lulusan dari negara lain. Mengetahui akan pentingnya menguasai bahasa tersebut, pemerintah Indonesia menerbitkan kebijakan melalui Kurikulum Merdeka yang menyatakan bahwa Bahasa Inggris dapat diberikan mulai dari jenjang sekolah dasar (SD/MI). Bahasa Inggris dapat diberikan kepada siswa-siswa selama sekolah memiliki sumber daya, dan apabila sekolah tidak memiliki sumber daya yang memadai, sekolah dapat bekerjasama dengan masyarakat dan mahasiswa untuk menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris.

Pembelajaran  Bahasa  Inggris  pada  anak-anak bertujuan  untuk  melatih  mereka  agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa yang dipelajari dalam konteks yang sederhana. Pembelajaran Bahasa Inggris untk anak-anak usia SD kelas 1-2 (fase A) sebaiknya difokuskan untuk berlatih berkomunikasi secara lisan, yaitu mereka memiliki keterampilan menyimak, berbicara, dan memirsa. Untuk anak-anak kelas 3-4 (fase B) keterampilan tulis boleh mulai dikenalkan. Sedangkan untuk anak-anak masuk pada fase C (kelas 5-6) keterampilan lisan dan tulis diberikan secar bersamaan.

Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas sekolah dasar selayaknya tidak didominasi dengan kegiatan mengerjakan tugas yang ada dalam buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Idealnya, guru memiliki sejumlah pengetahuan tentang pengembangan materi ramah anak dan keterampilan mengajar yang memyenangkan sehingga anak-anak termotivasi untuk terus berlatih. Guru seharusnya memiliki banyak referensi metode yang menyenangkan yang akan mebuat anak nyaman dan senang belajar Bahasa Inggris. Untuk itu, guru harus menerapkan ‘joyful learning’.

Pada bulan September sampai dengan awal November 2022, tim pengabdian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNP Kediri memberikan pelatihan bagi guru-guru di Madrasah Ibtida’iyah Al Ikhlash Kediri. Para guru diperkenalkan dengan prinsip-prinsip pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran Bahasa Inggris di kelas yang menyenangkan dan dapat melatih anak-anak berkuminikasi secara

nyata sesuai konteksnya. Para narasumber juga melatih para guru agar dapat mengembangkan materi yang sesuai tujuan pembelajaran dan menyelaraskan dengan aktivitas pembelajaran di kelas. Untuk itu para guru diperkenalkan berbagai metode, seperti gerak dan lagu, berbagai permainan sederhana, mendongeng. Diharapkan dengan kegiatan ini keterampilan mengajar para guru meningkat.

Gambar 1. Dokumentasi Pengabdian Masyarakat

Gambar 2. Penyampaian Materi

Gambar 3. Praktik Pembelajaran

(Diani Nurhajati, Yunik Susanti, Dewi Kencanawati, Rika Riwayatiningsih)