KEGIATAN ‘OUTDOOR CLASS’ DI BASE FARM KELURAHAN BURENGAN, KECAMATAN PESANTREN, KOTA KEDIRI

Kegiatan KKN merupakan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk melatih dan membekali siswa untuk memecahkan berbagai masalah di masyarakat dengan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan di kampus. KKN Tematik 2023 memiliki tujuan untuk meningkatkan SDGs masyarakat Kota Kediri.

Kelurahan Burengan merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Kelurahan ini memiliki pusat kegiatan masyarakat yang merupakan perwujudan Kampung Keren (Kreatif dan Independen) yang meliputi Kampung Bunga, Kampung Agribisnis, Kampung Bakpao, dan lain-lain. Salah satu kegiatan Kampung Keren ini adalah Kampung Agribisnis Bangun Sejahtera (Base Farm) yang terletak di RT 1/ RW 12 Kelurahan Burengan. Base Farm merupakan lahan yang disediakan oleh pemerintah untuk diolah dan dimanfaatkan oleh kelompok warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) yang didampingi oleh satu petugas kelurahan. Selain untuk agribisnis, Base Farm dapat dimanfaatkan sebagai tempat studi wisata baik untuk siswa maupun kelompok organisasi terkait.

Base Farm sering dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan wisata belajar sekolah-sekolah di sekitar Kelurahan Burengan. Selama ini kegiatan masih terfokus pada pengenalan lingkungan yang ada di Base Farm, misalnya, bagaimana menanam dan merawat sayuran dan hewan. Sebenarnya tempat ini bisa juga digunakan untuk melatih anak-anak berbagai keterampilan yang lain, misalnya keterampilan berbahasa Inggris. Akan tetapi kegiatan tersebut belum terjamah oleh pengelola Base Farm.

Melihat potensi tersebut, pada hari Sabtu, 25 Februari 2023, mahasiswa dan dosen UNP Kediri mengadakan kegiatan Outdoor Class di Base Farm. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan model pemanfaatan lahan untuk belajar Bahasa Inggris bagi siswa-siswa Sekolah Dasar. Kegiatan tersebut melibatkan siswa kelas 3 dari SD Burengan 5 Kediri yang memiliki tujuan untuk melatih keterampilan komunikasi lisan dengan memanfaatkan obyek yang ada di Base Farm, seperti sayuran, buah-buahan, dan hewan.

Kegiatan pembelajaran outdoor class memiliki tujuan utama untuk membantu siswa mengenal dan mengekspresikan berbagai jenis buah, sayuran dan hewan di lingkungan sekitar dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan benar. Siswa mempelajari tiga topik materi tersebut dengan beberapa jenis kegiatan dan permainan yang telah disiapkan oleh mahasiswa KKN serta dosen pendamping dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNP Kediri. Secara garis besar, kegiatan tersebut dapat dibagi menjadi tiga jenis permainan yang berbeda yaitu observing, whisper challenge dan reviewing.

Kegiatan observing adalah sebuah kegiatan di mana siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan lima orang dan satu mahasiswa KKN sebagai pendamping. Dalam kegiatan ini, siswa dan mahasiswa mengeliling  Base Farm dan menuliskan tiga jenis buah dan sayuran yang dapat mereka temukan serta ciri – cirinya dalam Bahasa Inggris. Mahasiswa pendamping bertugas untuk membantu siswa jika terkendala dalam penulisan Bahasa Inggris serta menyusun kalimat yang baik. Kegiatan observing ini mampu membantu siswa untuk melatih keterampilan listening, reading dan writing siswa utamanya tentang berbagai jenis buah dan sayuran. Dengan kegiatan ini, siswa tidak hanya bisa belajar kosakata namun juga mengaplikasikan kosakata tersebut dalam bentuk kalimat sederhana.

Speaking merupakan keterampilan bahasa yang tidak kalah penting dari listening, reading, dan writing. Dalam kegiatan kedua yaitu whisper challenge, mahasiswa membantu siswa untuk melatih kemampuan speaking dan listening mereka. Dalam permainan ini, siswa dan mahasiswa akan dibentuk kelompok. Setelah itu setiap kelompok kemudian berbaris dengan mahasiswa yang ada di barisan paling belakang dan depan. Setiap mahasiswa yang berada di bagian belakang akan mendapat satu kalimat sederhana yang telah dibuat selama kegiatan observing sebelumnya. Kemudian, mahasiswa yang berada di barisan paling belakang akan membisikkan kalimat tersebut satu kali pada siswa di depannya. Kegiatan ini berlanjut hingga mahasiswa yang ada di paling depan barisan mendapat jawaban. Setelah selesai, mahasiswa tersebut akan melafalkan dengan lantang kalimat yang ia dapat. Permainan ini kemudian dilakukan berulang dengan posisi siswa dan mahasiswa berubah – ubah serta kalimat sederhana yang diberikan semakin beragam dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Kegiatan ini membantu siswa untuk terbiasa melafalkan berbagai jenis sayuran dan buah, tidak hanya sebatas kosakata namun satu kalimat lengkap dalam Bahasa Inggris.

Kegiatan ketiga yaitu reviewing merupakan kegiatan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan dalam bentuk permainan. Dalam kegiatan ini, siswa duduk melingkar. Dengan bantuan dosen pendamping dan mahasiswa, siswa akan mencoba menyebutkan berbagai kosakata jenis buah, sayuran dan hewan dalam Bahasa Inggris. Kemudian, dengan contoh dari dosen pendamping, siswa akan merangkai kosakata tersebut menjadi sebuah kalimat sederhana. Tujuan dari kegiatan ini adalah selain menyimpulkan, siswa mampu benar – benar menggunakan berbagai kosakata buah, sayuran dan hewan dalam sebuah kalimat sederhana dengan benar.

Kegiatan Outdoor Class yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNP Kediri ini diharapkan mampu membantu siswa belajar dengan lebih efektif karena mereka mampu belajar di lingkungan yang berkaitan dengan materi yang diberikan. Kegiatan Outing Class juga diharapkan mampu menjadi alternatif kegiatan belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan minat belajar siswa. Yang paling penting, Base Farm Desa Burengan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan.

(Diani Nurhajati ¹, Dewi Kencanawati ², Kenya Ariartha³)