PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD (KB & TK) LABORATORIUM SCHOOL UN PGRI KEDIRI MELALUI EVALUSI DAN REFLEKSI AKHIR SEMESTER 2022/2023

Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktor adalah tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan yang memadai, kompeten dan profesional. Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, maka dari itu perlu dilakukan peningkatan dalam pemberdayaan dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan agar tujuan sekolah dapat tercapai secara maksimal. Pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas merupakan tulang punggung  proses pendidikan, untuk mencapai kualitas tersebut perlu dilakukan adanya evaluasi, refleksi secara rutin dan berkala untuk mendukung kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara menyeluruh.

Pendidik PAUD adalah tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan  proses  pembelajaran,  dan  menilai  hasil  pembelajaran, serta  melakukan  pembimbingan,  pengasuhan, perawatan, dan  perlindungan  anak didik. Kondisi nyata menunjukkan bahwa pendidik PAUD Lab School UNP Kediri memiliki variasi yang beragam secara kualifikasi maupun kompetensi, tetapi kompetensi yang beragam tersebut diharapkan dapat memberikan layanan sesuai visi, misi dan tujuan satuan pendidikan dalam mewujudkan layanan bermutu dan berkualitas sesuai kebutuhan peserta didik yang beragam. Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) pendidik PAUD yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta menguatkan kembali komitmen bersama dalam menjalankan layanan pendidikan.

Tim Pengembang Labschool adalah Dosen dari Prodi PG-PAUD FKIP UNP Kediri setiap akhir tahun pelajaran selalu mengadakan evaluasi dan refleksi yang bertujuan menguatkan kompetensi seluruh tenaga PTK. Tujuan utama dilakukan kegiatan ini adalah (a) Memastikan pengembangan secara periodik di lingkungan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di KB dan TK Lab School UNP Kediri secara berkala, (b) Memastikan penjaminan mutu layanan pendidikan di KB dan TK Lab School UNP Kediri secara berkala.

Adapun agenda kegiatan dibuat selama 2 hari yaitu, dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Juni 2023 dan hari Rabu, 28 Juni 2023. Dengan rincian kegiatan sebagai berikut.

  1. Mendengarkan laporan berkala dari Kepala Sekolah KB dan TK Lab School UNP Kediri tentang program yang sudah berjalan di TA. 2022/2023.
  2. Mendengarkan laporan seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan hambatan dan solusi yang sudah diterapkan terkait program yang sudah berjalan di TA. 2022/2023.
  3. Menyusun rencana tindak lanjut untuk program di TA. 2023/2024 dan strategi yang diterapkan dalam layanan satuan PAUD berkualitas.

Berdasarkan hasil paparan yang disampaikan diperoleh data bahwa kebutuhan penguatan yang dibutuhkan oleh seluruh PTK dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Membangun komitmen ulang terkait bagaimana menjadi pendidik PAUD berkualitas.
  2. Perlunya komunikasi dan partisipasi aktif untuk memudahkan bekerja sama dalam segala kegiatan dan layanan pendidikan, meskipun masing-masing satuan KB dan TK memiliki pemimpin dan tenaga pendidik berbeda.
  3. Perlunya refleksi diri terkait kompetensi diri, mana yang perlu ditingkatkan oleh individu dan menyusun program peningkatan profesionalisme dalam program kerja tahunan kepala sekolah.

Komitmen yang diperoleh dari hasil kegiatan selama 2 (dua) hari tersebut sebagai berikut.

  1. Penjadwalan diskusi internal antara seluruh tenaga Pendidik dan Kependidikan rutin dan terdokumentasikan dengan baik.
  2. Program keorangtuaan menguatkan 6 pondasi PAUD.
  3. Desain pengelolaan kelas bersumber bahan alam sekitar.
  4. LKA hasil rancangan guru menguatkan wawasan pengetahuan anak bukan kegiatan harian wajib.
  5. PAUD yang berkualitas ditentukan oleh kualitas layanan bukan kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya. Maka dari itu, perlu diperhatikan elemen lain yang ada di dalamnya sebagai berikut.

Dilansir dari akun resmi Direktorat PAUD Kemdikbud, terdapat empat elemen dari PAUD berkualitas sebagai berikut.

  • Memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik : PAUD yang berkualitas tercipta dari proses pembelajaran yang baik. Adapun sarana prasarana hanya pendukung terjadinya proses pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik.
  • Bermitra dengan orang tua : Direktorat PAUD Kemdikbud menyebut, mitra dengan orang tua menjadi salah satu elemen yang dapat menciptakan PAUD yang berkualitas.
  • Memiliki tata kelola yang baik : PAUD berkualitas setidaknya memiliki tata kelola yang baik seperti kelengkapan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan perencanaan yang baik. Dapodik merupakan sistem pendataan secara nasional yang dijalankan secara terpadu.
  • Memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak.

Produk akhir adalah penyusunan KOSP dan Program Tahunan serta Rencana Anggaran Sekolah Tahun Ajaran Baru 2023-2024. Kegiatan peninjauan kurikulum akan dilakukan sebelum tahun ajaran baru masuk pada tanggal 17 Juli 2023.

Berikut foto kegiatan pelaksanaan evaluasi dan refleksi pendidik dan tenaga kependidikan di KB dan TK Lab School UNP Kediri :

Sumber Gambar: Dokumentasi PAUD Lab School UNP Kediri, 2023

(Anik Lestariningrum1, Intan Prastihasatari Wijaya2, Linda Dwiyanti3).