PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI MELALUI SEKOLAH PASAR MODAL

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan Sekolah Pasar Modal bagi guru-guru ekonomi di wilayah Kediri dan sekitarnya. Kegiatan ini dilatarbelakangi beberapa masalah yang terjadi pada guru-guru ekonomi, yaitu: sebagian besar guru ekonomi yang memberikan materi pelajaran pasar modal di SMA/MA menyatakan kurang bisa mengembangkan materi pelajaran secara memadai akibat kurangnya literasi yang dimiliki baik berupa pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman empiris terkait mekanisme perdagangan saham di pasar modal. Hal ini ditunjukkan bahwa sebanyak 67,6% responden merasa lietrasi pasar modal yang dimiliki masih minim. Minimnya literasi pasar modal tersebut antara lain disebabkan karena guru-guru ekonomi yang menjadi responden sebagian besar (61,8%) menyatakan belum pernah memiliki pengalaman mengikuti pelatihan pasar modal. Tujuan PKM Sekolah Pasar Modal ini yaitu meningkatkan literasi pasar modal bagi guru, dan memberikan pengalaman empiris bagi guru ekonomi dalam bertransaksi di pasar modal (Bursa Efek Indonesia/ BEI).

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada guru ekonomi, dan Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi. Manfaat bagi guru ekonomi berupa membantu para guru dalam meningkatkan kemampuannya pada pengembangan materi ajar, kemampuannya pada pengembangan model pembelajaran ekonomi, khususnya terkait dengan materi pasar modal, meningkatkan kemampuannya pada pengembangan media pembelajaran dan penyusunan asesmen, serta memberikan pengalaman empiris terkait dengan mekanisme perdagangan (transaksi) di pasar modal. Adapun manfaat yang diperoleh oleh dosen dan prodi berupa: a) meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bidang Pengabdian kepada Masyarakat baik pada level perguruan tinggi, program pascasarjana, dan program studi, b) bebagai sarana meningkatkan jejaring dengan stakeholder, guna mengembangkan kerjasama program studi dalam pelaksaan tridharma perguruan tinggi, dan c) meningkatkan kinerja dosen dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Metode yang digunakan pada kegiatan ini berupa: Test (pre-test dan post-test), edukasi pasar modal (tutorial), dan praktik perdagangan pasar modal. Rangkaian kegiatan PkM Sekolah Pasar Modal berlangsung selama empat bulan (September – Desember 2021). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) Kegiatan ini efektif karena telah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru ekonomi, dan 2) Terdapat perbedaan signifikan atas kompetensi profesional guru ekonomi antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan PkM Sekolah Pasar Modal. (M. Anas1, Sugiono2, Mochammad Muchson3, Rr. Forijati4, Subagyo5, Nurin Eva Yanti6)

Dr. M. Anas (Kaprodi MPE) memberikan sambutan dan Dr. Mochammad Muchson (Direktur Pascasarjana) membuka acara Sekolah Pasar Modal.
Pendampingan oleh dosen dan mahasiswa kepada peserta Sekolah Pasar Modal dalam pembukaan Rekening Dana Nasabah
Foto bersama setelah kegiatan PKM Sekolah Pasar Modal